Sabtu, 24 November 2018

Bincang Malam dengan Mas Karob "BORAKOPI"

Foto dari Instagram @borakopi


Belakangan ini, kedai kopi sedang menjamur di Jepara. Hal itu merupakan kabar gembira bagi penikmat dan pecinta kopi di Jepara ini. Dulu, untuk menikmati kopi asli paling tidak harus ke Jepara kota yang memanglebih dulu menyediakan kopi dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

BORAKOPI, salah satu kedai kopi yang awal tahun tepatnya tiga minggu awal di bulan Januari tahun ini buka di daerah Pringtulis, di selatan lampu merah "pabrik keramik" atau perempatan Nalumsari, Jepara menjadi salah satu pilihan untuk penikmat kopi di sekitaran Nalumsari dan Mayong.

Karob, begitu biasa dia dipanggil adalah pemilik kedai kopi ini. Berdasarkan dari keterangan sang pemilik, belajar dari pengalaman di tempat kerjanya dulu yang juga di kedai kopi, akhirnya dia mendirikan kedai miliknya sendiri.

Di kedai kopi miliknya ini, terdapat berbagai macam kopi dari berbagai daerah di Indonesia salah satunya dari Gayo, Aceh yang memang terkenal dengab kopinya. Ada juga kopi dari luar negeri. Untuk kopi lokal, ada juga kopi dari pegunungan Muria, tepatnya dari desa Tempur, desa di kaki gunung Muria, Keling, Jepara dan dari daerah Muria itu sendiri.

Kopi Tempur yang disediakan di sini adalah jenis robusta. Selama ini belum banyak yang tahu tentang kopi khas Jepara ini karena yang lebih dulu dikenal adalah kopi Muria dari gunung Muria, Kudus.
"Awalnya lumayan susah memperkenalkan kopi Tempur ke warga setempat karena memang belum terlalu banyak yang tahu tentang kopi dari daerah Jepara ini. Aku nggak terlalu memaksa untuk mereka tahu. Tapi lama-lama muncul juga rasa ingin tahu rasa kopi Tempur ini."jelasnya ketika ditanya tentang kopi Tempur.

Ada kopi dengan berbagai penyajian, dari kopi hitam dengan ampas sampai yang sudah di-filter. Ada sajian kopi susu dengan berbagai macam penyajian dan bila ingin membawa pulang, bisa pesan kopi yang baru di-grind (*giling) saat itu juga. Ada juga Coffe Beer, kopi dengan rasa mocca dan soda, minuman zaman dulu yang jarang ditemukan di Jepara dan sekitarnya.

Kedai ini buka setiap hari, mulai pukul 16.00-23.00 atau kadang suka berubah jadwal sesuai kesibukan si pemilik, setiap buka biasanya akan di-update di Instagram-nya di @borakopi.

Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi untuk tempat ngopi yang enak di Nalumsari dan sekitaran Mayong. Maaf atas tulisan yang mungkin banyak salah dan mohon koreksinya. (24/11/18)Han.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar